Minggu, 29 September 2013

Pengalaman Berorganisasi

Sebelum saya bercerita tentang pengalaman organisasi yang pernah saya ikuti. Saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu organisasi. Organisasi merupakan sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama, Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih, atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian tujuan bersama, organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
1. Organisasi Menurut Stoner: Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan orang-orang di bawah pengarahan manajer (pimpinan) untuk mengejar tujuan bersama.
2. Organisasi Menurut James D. Mooney: Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
3. Organisasi Menurut Chester I. Bernard: Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Nah, itu sedikit pengertian tentang organisasi. Sekarang saya akan menceritakan pengalaman organisasi yang pernah saya ikuti selama Sekolah Menengah Atas (SMA). Saya mengikuti OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah), yaitu organisasi yang ditangani secara langsung oleh sekolah. Atau kata lainnya organisasi tertinggi dari semua organisasi di setiap sekolah. Banyak sekali manfaat yang saya dapat dari mengikuti organisasi ini. Yaitu, belajar berorganisasi dalam lingkup kecil, belajar berinteraksi dengan orang banyak, belajar berani mengungkapkan pendapatan dengan baik dan sopan di depan orang banyak serta saya juga diajak untuk berpikir lebih terbuka, dan belajar kepemimpinan dengan baik serta bertanggung jawab dan disiplin waktu. Dan masih banyak lagi manfaat yang saya dapat. 

Selama saya SMA, saya hanya mengikuti OSIS. Dikarenakan jadwal sekolah yang padat sehingga sulit untuk membagi waktu.

Itulah pengalaman berorganisasi saya, menarik bukan? membuat masa-masa SMA lebih berwarna dan berkesan.


sumber: http://dhiedotorg.wordpress.com/2011/09/25/pengertian-definisi-arti-organisasi-dan-unsur-unsurnya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar